0

Daihatsu Terios generasi terbaru, membawa perubahan cukup signifikan. Tidaklah berubah total, melainkan masih mengusung konstruksi dan transmisi sama seperti generasi sebelumnya. Bisa dibilang, hanya cangkang luar dan dalamnya saja yang baru. Mesin juga baru, tapi sudah lebih dulu dipakai Toyota Avanza Veloz.
Desainnya mendapat banyak tanggapan beragam. Terlihat tidak orisinil karena menyimpan kemiripan dengan mobil lain. Tapi model meruncing tajam dan permainan garis tegas, mudah untuk disukai dan selera kebanyakan orang..
Nah, Terios memiliki lebih banyak varian dibandingkan Toyota Rush. Varian utama hanya 2 tipe, X dan R. Tapi masing-masing dibagi lagi, tipe Deluxe dengan perbedaan utama dari fitur. Harganya pun lebih murah dari Rush. Dan yang lebih mengejutkan, lebih murah dari model Terios lama..
Dilihat dari daftar harga, varian terendah hanya dihuni Terios tipe X dengan transmisi manual. Tidak ada transmisi otomatis dan harganya Rp 195,2 juta. Menarik mengupas lebih dalam, ada apa saja di Terios termurah ini. Apakah sesederhana Terios X di model sebelumnya?
Saat diluncurkan November lalu, Terios langsung menonjolkan desain baru dan fitur yang jauh berlimpah. Pada awalnya pasti mengira harga bakal meningkat tajam, karena melihat fitur yang banyak ditambah. Kenyataannya tidak, dan sangatlah bagus untuk menambah value for money Terios. Hadirnya Wuling Confero memang mujarab memancing pabrikan lain beri banyak fitur.
Tampilan Terios X terlihat paling sederhana tanpa banyak elemen kemewahan. Tidak ada fog lamp, grille hitam dan pelek 16-inci yang dilabur warna gun metal, tapi lampu utama sudah jenis LED lengkap dengan position lamp. Side visor sudah standar yang anehnya sampai di kaca baris ketiga. Lampu belakang juga sudah menerapkan LED yang hemat energi. Di atasnya ada spoiler kecil model duck tail dan tersedia antenna model sirip hiu.
Beranjak ke dalam, tak banyak berbeda dengan Terios varian atas. Dasbor tetap dengan dua warna, meter cluster dengan aksen krom dan digital AC. Bahkan monitor layar sentuh juga diberi, berisi fitur DVD, USB, Aux In dan radio. Menambah kenyamanan untuk penumpang belakang, AC double blower agar udara dingin cepat menyebar ke penjuru kabin.
Fitur keselamatan dual SRS airbag, ABS dan EBD sudah standar tidak seperti Terios termurah dulu. Fitur keselamatan dan keamanan, kini lebih diperhatikan pihak Daihatsu Indonesia. Sebut saja sensor parkir belakang, immobilizer, alarm, seat belt warning, speed sensing auto door lock dan power window jam protection.
Mesin mengusung unit baru 2NR-VE 4-silinder 1,5-liter Dual VVT-i DOHC yang hanya diberi pilihan transmisi manual 5-speed saja. Tenaga tercipta sebesar 104 PS dan torsi puncak 136 Nm. Konstruksi masih setia model unibody atau semi-monokok seperti Xenia dan Avanza. Penggeraknya pun menuju roda belakang (RWD). Layout demikian sangatlah mencirikan SUV tulen. Cocok untuk menjelajahi medan kurang bersahabat tapi tidak sampai ekstrem.
Dengan harga tak berubah, jelas value Daihatsu Terios X meningkat drastis daripada Terios X lawas. Pilihan menarik jika ingin memodifikasi Terios lebih bergaya ala offroader. (ODI/IND)

Post a Comment

 
Top