0


Seperti yang kita ketahui ada banyak cara untuk melakukan investasi. Salah satunya yaitu berinvestasi dengan membeli properti seperti tanah, rumah, dan lain-lain. Banyak pula  masyarakat yang membeli kendaraan seperti mobil sebagai sarana investasi. Namun, benarkah kendaraan merupakan barang investasi?

Menurut salah satu General Manager perusahaan otomotif ternama di Indonesia, membeli mobil sebagai alat investasi merupakan hal yang kurang tepat. Hal ini dikarenakan harga mobil yang semakin menurun setiap tahunnya. Beliau mengatakan bahwa semakin mahal mobil yang anda beli, maka semakin besar pula penurunan harganya di masa yang akan datang.

Terdapat 3 kategori utama untuk penurunan/ depresiasi yang terjadi pada mobil yang baru dibeli konsumen. Berikut beberapa kategorinya :

1. Kategori mobil murah dan ramah lingkungan.
Mobil dalam kategori ini contohnya seperti brand Brio, Ayla, Avanza, dll misalnya. Pada tahun pertama pembelian, harganya dapat turun 7-10 persen dari harga beli.

2. Kategori kendaraan menengah ke atas.
Pada kategori kendaraan menengah ke atas salah satunya adalah sedan mini atau sekelas Sport Utility Vehicle (SUV). Jangan heran kalau depresiasi yang terjadi pada kategori kedua semakin besar, yaitu dapat turun sebesar 10-15 persen dari harga beli, dan terus menurun setiap tahunnya.

3. Kategori mobil premium.
Kategori ini termasuk yang harga beli barunya di atas 1 miliar rupiah. Apabila kategori kedua memiliki depresiasi yang cukup besar, pada kategori ini bisa mencapai 20 persen pada tahun pertama.

Pada kategori ketiga, pedagang mobil bekas pada umumnya sangat selektif dalam melakukan transaksi pembelian. Mereka akan membeli mobil tersebut jika kilometer mobil tersebut berada dibawah 10.000. Jika kilometer mobil tersebut lebih dari angka yang disebutkan maka pedagang bekas pada umumnya akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi pembelian.

Berbeda dengan warga di negara maju, membeli mobil adalah membeli sarana transportasi bukan sebagai alat investasi. Pola pikir ini yang perlu masyarakat adaptasi ketika hendak membeli mobil baru.

Tentunya penjual juga sudah harus mempersiapkan besarnya kerugian saat hendak menjual mobil. Namun, masyarakat kini tidak perlu khawatir akan penurunan harga yang signifikan ketika akan menjual mobil. Carsome Indonesia hadir sebagai platform jual mobil di Indonesia yang menawarkan sistem yang cepat, bebas biaya, dan pasti beres. Masukkan segera data mobil anda





Post a Comment

 
Top